Please Wait...

​Kelebihan dan Kekurangan Flutter

by admin

Flutter adalah SDK yang dibuat oleh google dengan tujuan untuk mempermudah pengembangan produk google kedepannya. Flutter menggunakan Bahasa pemrograman yang dinamakan Bahasa dart. Flutter memiliki kelebihan dan juga kekurangan, yaitu :

Kelebihan Flutter

– Animasi Super Smooth, jika tidak ada elemen yang berlebihan maka mobile apps yang dikembangkan dengan menggunakan Flutter dapat berjalan secara konstan 60-120 fps. Karena menggunakan sistem render miliknya sendiri.

– IDE terkenal, Dapat dikembangkan dengan IDE seperti Android Studio, intellij IDEA serta VSCode.

– Mudah dipelajari, untuk yang lebih familiar dengan bahasa Java, Objective-C ataupun Swift Flutter akan mudah dipahami

– Penggunaan Object Oriented Programming (OOP).

– Hot Reload, build mobile apps untuk debug lebih cepat.

Kekurangan Flutter

– Tidak adanya JSX, karena tidak adanya JSX maka file Dart tidak terdapat pengelompokan kode components, styling karena penulisan kode akan dilakukan inline didalam objek kode tersebut

– File APK dan IPA lebih besar, konsekuensi dari konstannya performa mobile apps yang dikembangkan dari Flutter berimbas pada ukuran file yang dihasilkan, karena Flutter menggunakan Widgetnya sendiri.

– Logika animasi lebih sulit, selain File yang dihasilkan lebih besar, performa tinggi dari mobile apps yang dihasilkan juga berimbas pada saat penulisan logika pembuatan mobile apps

– Environment pengembang masih dalam perkembangan, karena Flutter baru berumur 7-8 tahun maka jika terjadi bug atau kesalahan pada proses pengembangan, akan sulit untuk mencari solusinya.

Photo by Caspar Camille Rubin on Unsplash



SHARE :

Leave Comment


0 Comments