Please Wait...

Fitur yang bisa dinikmati jika 5G rilis di Indonesia

by Admin

Teknologi 5G dapat mempercepat kehidupan digital di masa depan. Teknologi yang memungkinkan semua hal dapat dioperasikan melalui perangkat mobile. Akses jaringan mobile mengubah industri telekomunikasi, yang memungkinkan semua terkoneksi kapan saja dan di mana saja. Di masa yang akan datang, akses nirkabel pada akhirnya akan digunakan. Teknologi 5G akan memberikan jaringan nirkabel yang fleksibel, dapat diandalkan, dan aman untuk menghubungkan orang dengan seluruh aplikasi, layanan, dan hal lainnya.

Gambaran Kecepatan Jaringan 5G

Inovasi teknologi, terutama 5G, dapat mempercepat langkah untuk menuju dunia yang terkoneksi dengan lebih baik. Telah diantisipasi bahwa masa depan akan menyaksikan perwujudan dari pengalaman dan aplikasi baru seperti mobil tanpa kemudi, operasi dari jarak jauh, Virtual Reality (VR), dan hiburan imersif berbasis VR. 5G dapat memenuhi berbagai skenario aplikasi dengan koneksi antar benda menjadi skenario yang utama, termasuk mengemudi otonom, kendaraan terkoneksi (V2X), pengiriman melalui drone, dan otomasi robot industri (Industry 4.0).

5G akan mampu memberikan dukungan yang kuat terhadap perkembangan internet dan memberikan pengalaman Mobile Broadband (MBB) melalui pemenuhan kriteria untuk tingkat spektrum yang tinggi, tingkat puncak yang tinggi (high peak rates), jumlah koneksi yang banyak, dan latensi yang sangat rendah berkisar di 1 mili detik, yang memungkinkan operator untuk memberikan lebih banyak koneksi Mobile Network of Things (MoT), sehingga mampu mempromosikan industri MBB.

Sebagai yang selalu terdepan, masyarakat Indonesia selalu terbuka dalam mengadopsi teknologi baru, yang mana Indonesia baru saja memulai transformasi digital dan fokus dalam memperbaiki infrastruktur TIK dan melakukan inovasi untuk berbagai aplikasi. Teknologi mobile telah mengubah kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk cara berkomunikasi, transportasi, dan e-commerce, sehingga gebrakan di bidang teknologi akan membawa nilai tambah bagi masyarakat di negeri ini.

Meskipun 5G masih dalam tahap standardisasi, beberapa jaringan pre-commercial akan muncul di secara global paling cepat di 2018. “Sementara untuk Indonesia, perkembangan jaringan ini sudah baik, namun Indonesia dapat mengadopsi teknologi 5G pada beberapa komponen teknologi LTE yang tersedia. Hal ini dapat membuat jaringan lebih siap satu langkah untuk mengadopsi evolusi 5G selanjutnya di masa depan. Pengimplementasian jaringan ini dapat meningkatkan kualitas jaringan dan menawarkan efisiensi tinggi dengan menggunakan sumber daya yang sudah ada,” ujar Mohamad Rosidi, Direktur Strategi dan Marketing TIK, Huawei Indonesia.

Sumber : http://techno.okezone.com/read/2017/07/26/54/17441...



SHARE :

Leave Comment


0 Comments